Warga Desa Pasirmuncang Bahagia Tak Lagi Kesulitan Air Bersih Berkat Sumur Bor Pangkostrad dan Rider

Puluhan warga tampak bahagia saat menghadiri peresmian sumur bor di Desa Pasirmuncang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Kamis (14/12/2023).

Bahkan sejumlah warga terlihat langsung menjajal keran yang dialiri air dari sumur yang dibangun Kodim 0617/Majalengka dan Rider tersebut.

Kepala Desa Pasirmuncang, Momo Suherman, mengakui, warganya kesulitan mendapatkan air bersih terutama saat musim kemarau beberapa waktu lalu.

Bahkan, menurut dia, sebagian warga Desa Pasirmuncang harus menempuh jarak hingga lima kilometer untuk mendapatkan air bersih.

Pihaknya bersyukur, sumur bor yang dibangun Kodim 0617/Majalengka dan Rider itu pun mampu menyuplai kebutuhan air bersih bagi 300 kepala keluarga (KK) di Blok Jampang, Desa Pasirmuncang.

“Sebenarnya, air dari sumur ini sudah digunakan warga kira-kira sejak dua bulan lalu meski baru diresmikan hari ini,” kata Momo Suherman saat ditemui usai peresmian sumur bor di Desa Pasirmuncang, Kamis (14/12/2023).

Ia mengatakan, air dari sumur tersebut ditampung dahulu menggunakan toren, kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga Desa Pasirmuncang.

Selain itu, sumur bor tersebut juga dikelola secara swadaya oleh masyarakat, dan ditargetkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi 1000-an KK di Desa Pasirmuncang.

Iklan untuk Anda: Contoh Teks Pembukaan MC Islami Formal dan Mukadimahnya, Jadikan Referensi untuk Acara Pengajian

“Pengeloaannya swadaya, dan warga hanya dikenakan biaya pemeliharaan serta pemasangan awal untuk paralon,” ujar Momo Suherman.

Sementara warga Desa Pasirmuncang, Nurhayati (48), mengakui, sempat kesulitan mendapatkan air bersih selama musim kemarau belum lama ini.

Karenanya, ia sangat bersyukur sumur bor tersebut dapat membantunya memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari sejak dua bulan lalu.

“Airnya juga lancar, dan bersih. Saat kemarau kemarin, kami hanya mengandalkan bantuan air bersih dari BPBD, PDAM, dan lainnya,” kata Nurhayati.

Public Relations (PR) Rider, Sonya Morina Lilipali, mengatakan, bantuan sumur bor tersebut merupakan salah satu rangkaian program Rider Peduli di tujuh kota se-Pulau Jawa.

Sonya menyampaikan, program tersebut bekerja sama dengan Kostrad TNI AD untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses air bersih di sejumlah daerah di Indonesia.

Pihaknya mengakui, Desa Pasirmuncang dipilih, karena warganya kesulitan mendapatkan sumber air bersih, terutama saat musim kemarau beberapa waktu lalu.

“Semoga sumur bor ini bisa membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih yang lebih mudah, dan kami juga mengajak untuk bersama-sama merawat fasilitas ini,” ujar Sonya Morina Lilipali. (*)

sumber:  https://jabar.tribunnews.com/2023/12/14/warga-desa-pasirmuncang-bahagia-tak-lagi-kesulitan-air-bersih-berkat-sumur-bor-pangkostrad-dan-rider.